Edisi September – Oktober 2016

Pada bulan Oktober ini, Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla genap dua tahun. Beberapa program prioritas sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, yang mengacu pada Nawacita, masih terus dilaksanakan.
Salah satu program prioritas tersebut adalah mewujudkan kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan merupakan program multisektor yang membutuhkan sinergitas di antara semua stakeholders, termasuk Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air (SDA) yang mengemban amanat menyiapkan infrastruktur prasarana dan sarana irigasi serta pengairan. Berdasarkan amanat ini, Ditjen SDA menetapkan 1 juta pembangunan irigasi baru dan 3 juta rehabilitasi irigasi sebagai target kinerja 2014-2019.
Maka dari itu, Majalah Air edisi ini akan membahas lebih jauh mengenai program irigasi yang dilaksanakan okeh Ditjen SDA, tidak terkecuali ekspose beberapa Daerah Irigasi dan Saluran Irigasi di wilayah timur Indonesia. Pembangunan di wilayah timur ini juga merupakan salah satu program prioritas Nawacita, yaitu percepatan pembangunan infrastruktur untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa.
Dua tahun masa pemerintahan, masih terbilang baru. Oleh karena itu, Ditjen SDA masih terus berdaya upaya untuk menyukseskan program kedaulatan pangan. Bersinergi dengan stakeholders terkait lainnya, mengatasi beragam tantangan, seperti alih fungsi lahan dan perubahan iklim. Tanggung jawab besar masih menanti di depan, mari kita lanjutkan Kerja! Kerja! Kerja!

Download Majalah
Comments for this post are closed.